social media logo facebook icon icons.com 59059     social media logo twitter icon icons.com 59061     social media logo instagram icon icons.com 59062     social media logo google icon icons.com 59074     social media logo utube icon icons.com 59063

RSSocial!

Sejarah Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Sukamiskin

Lapas Suka 90s
Penjara Sukamiskin yang sekarang di kenal dengan nama Lapas Kelas I Sukamiskin dibangun pada masa kolonial Belanda tahun 1918 dan mulai difungsikan pada tahun 1924 sebagai tempat hukuman bagi kaum intelektual yang dianggap melakukan kejahatan politik karena bertentangan dengan Penguasa Belanda dengan nama “STRAFT GEVANGENIS VOOR INTELECTUELEN”, berlokasi di Jalan A.H. Nasution Nomor 114 Bandung.
Penjara Sukamiskin memiliki nilai sejarah bagi Bangsa Indonesia karena banyak tokoh nasional pernah dipenjarakan disini, antara lain Presiden RI pertama, Ir. Soekarno pernah menghuni Kamar No. 233 dan sekarang berubah menjadi kamar No.1 Blok Timur Atas. Dipenjara inilah Ir. Soekarno menulis buku berjudul “Indonesia Menggugat”.
Bung Karno menceritakan pengalamannya menghuni penjara ini dalam buku kumpulan tulisan, Di Bawah Bendera Revolusi. Dia berkisah lewat tulisan bertajuk "Keadaan Dipendjara Sukamiskin, Bandung" yang dia tulis di Sukamiskin, 17 Mei 1931. Si Bung menuturkan, begitu jeblos ke Sukamiskin, ia diwajibkan mengganti pakaian dengan seragam penjara warna biru. "Rambutku dipotong hampir gundul, dimilimeter dalam bahasa Belandanya. Hampir segala apa yang saya bawa dari rumah tahanan (penjara Banceuy, Kota Bandung) semuanya diambil (petugas)," tulis dia. Selama di Sukamiskin, Soekarno menghuni kamar di ujung sebelah barat lantai 2 blok Timur itu yang disebutnya "bilik ketjil 1,5 x 2,5 M".

Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Sukamiskin merupakan Salah satu Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan di Wilayah Provinsi Jawa Barat, yang berfungsi sebagai Lembaga Pemasyarakatan. Menempati areal seluas 34.000 m2  ( terdiri dari 8.436 m2 untuk bangunan, dan sisanya untuk sarana lingkungan ) Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Sukamiskin terletak di Jalan A.H. Nasution No.114, Cisaranten Bina Harapan, Kec. Arcamanik, Kota Bandung, Jawa Barat 40294 dengan nomor telepon (022) 7204014

email :lapassukamiskin@kemenkumham.go.id

 

Sampaikan kritik dan saran yang membangun kepada kami agar dapat memberikan pelayanan yang jauh lebih baik lagi

(*)
Masukan nama lengkap anda

(*)
Email yang anda masukan salah.

(*)
Ketik pesan, masukan dan kritik anda.

Hari iniHari ini1
KemarinKemarin1
MingguanMingguan6
BulananBulanan15
Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Sukamiskin, Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Barat
Copyright © 2021 Pusat Data dan Teknologi Informasi